Sekiranya dapat membantu teman teman dalam menyusun laporan PLP II
A. HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN
1. Deskripsi hasil telaah krikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru
Kurikulum merupakan salah satu unsur yang bisa memberikan kontribusi yang signifikan untuk mewujudkan proses berkembangnya kualitas potensi peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu Kompetensi inti terdiri atas kompetensi inti sikap spiritual, kompetensi inti sikap sosial, kompetensi inti pengetahuan dan kompetensi inti keterampilan SMK ,.......) Kurikulum yang digunakan di sekolah ini adalah kurikulum 2013. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukanSMK ,.......) sudah menggunakan kurikulum 2013.
2. Deskripsi hasil telaah strategi pembelajaran yang digunakan guru.
Strategi pembelajaran adalah cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran yang bertujuan untk memudahkan peserta didik menerima dan memahami materi pembelajaran, yang pada akhirnya pembelajaran dapat dikuasainya pada akhir kegiatan belajar.
Strategi pembelajaran berisi tahapan tertentu, metode yang dipilih oleh masing-masing guru bisa sama, tetapi teknik pencapainnya yang berbeda-beda. Setelah itu, siswa secara berkelompok mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru sehingga antara siswa yang satu dengan yang lainnya dapat saling mengetahui apa yang mereka belum pahami, tetapi guru terlebih dahulu menjelaskan materi agar siswa lebih memahami. Hal ini dilakukan guru agar siswa bisa aktif dalam belajar sehingga proses pembelajaran pun berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan dapat mencapai indikator atau tujuan pembelajaran. Sehingga metode ini bisa membuat siswa lebih aktif dan menyenangkan dalam belajar.
Seperti yang dilakukan oleh Ibu Yulistha S.Pd selaku guru bahasa inggris di SMK ,....... dalam mengajar, dalam pengamatan ini dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru tersebut adalah “Strategi Pembelajarn Peningkatan Kemampuan Berfikir” strategi ini merupakan strategi pembelajaran yang menekankan kepada kemampuan berfikir siswa. Dalam pembelajaran ini materi-materi pelajaran tidak disajikan begitu saja kepada siswa, akan tetapi siswa dibimbing untuk proses menemukan sendiri konsep yang harus dikuasai melalui proses dialogis yang terus menerus dengan memanfaatkan pengalaman siswa. Adapun metode yang sering digunakan oleh guru tersebut yaitu :
1) Metode Diskusi
Metode diskusi adalah cara penyajian pelajaran, dimana siswa-siswa dihadapkan pada suatu masalah. Disini siswa dituntut untuk dapat menemukan pemecahan masalah atau tugas yang diberikan oleh guru yang dihadapi secara berdiskusi.
2) Metode tanya jawab
Yaitu cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa, tetapi dapat pula dari siswa kepada guru. Pada metode tanya jawab ini guru memberikan waktu untuk siswa bertanya kepada guru tentang materi pembelajaran yang disajikan. Metode ini bisa dilakukan pada awal materi pelajaran yang akan diajarkan bisa juga setelah materi pelajaran telah diberikan.
3) Metode pemberian tugas
Metode ini merupakan cara mengajar atau penyajian materi melalui penugasan siswa untuk melakukan suatu pekerjaan. Pada metode ini guru memberikan suatu
tugas kepada siswa untuk diselesaikan oleh siswa, sehingga siswa menjadi aktif.
3. Deskripsi hasil telaah sistem evaluasi yang digunakan guru.
Dalam mengetahui tingakat pemahaman siswa perlu diadakan penilaian hasil belajar (evaluasi). System ini merupakan Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik, evaluasi merupakan salah satu komponen yang yang harus dicapai guru dan siswa untuk memenuhi tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan. Evaluasi dapat mencakup penilaian pengetahuan, Kompetensi inti, sikap spiritual, sikap sosial, dan kompetensi keterampilan. Pengembangan yang dapat dilakukan dalam evaluasi dapat berupa pengamatan sikap serta penilaian tes.
Dari hasil yang dilakukan penulis ketika melakukan evaluasi, dapat di simpulkan bahwa cara guru memberikan evaluasi kepada siswa yaitu dengan memberikan evaluasi secara lisan dan tulisan. Dalam evaluasi lisan siswa diberikan pertanyaan mengenai materi yang telah diajarkan dari awal hingga akhir, sedangkan evaluasi tulisan guru memberikan soal-soal yang ada dalam buku yang bersangkutan dengan materi yang telah dibahas, dan sesudah itu dikumpul pada saat jam pelajaran selesai, atau memberikan penugasan kepada siswa sebagai pekerjaan rumah dan dikumpul pada saat pertemuan berikutnya.
4. Deskripsi hasil pengembangan RPP, Media Pembelajaran, Bahan Ajar, dan Perangkat Evaluasi.
RPP yang digunakan oleh guru bidang studi mengacu pada kurikulum 2013 (K13) yang terdapat dalam RPP tersebut memuat identitas mata pelajaran, SK, KD, indiktor pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian dan sumber belajar. Hal ini penulis telah melihat melalui kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan oleh siswa/siswi SMK ,.......) dilakukan selama proses pembelajaran mulai dari kegiatan awal, inti sampai penutup. Dari hasil pelaksanaan PLP II di sekolah SMK ,......., dalam satu rangkap RPP akan menjadi pedoman selama 4 atau 3 kali pertemuan. Akan tetapi dalam proses pengajaran dan pembelajaran didalam kelas, tidak selalu berpatokan terhadap RPP, disesuaikan dengan situasi kondisi di dalam kelas, RPP yang telah dibuat pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas XI sudah sesuai dengan komponen-komponen Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) dan memuat identitas sekolah Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator, dan serta tujuan pembelajaran, materi pembelajaran metode pembelajaran, media, sumber pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran (pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup).
Guru tahu bahwa tanpa bantuan media, maka bahan pelajaran sukar untuk dicerna dan dipahami oleh setiap anak didik, terutama bahan pelajaran yang rumit. Media sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar adalah suatu kenyataan yang tidak dapat dihindari. Media pembelajaran yang di pakai mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris di SMK ,....... sesuai dengan materi yang di ajarkan yang meliputi buku cetak, dan media LCD yang mendukung dalam proses belajar mengajar. Sehingga dari hasil pelaksanaan PLP II di lakukan dalam kelas ketika melaksanakan proses pembelajaran, media yang digunakan merupakan media cetak dan media LCD (Proyektor), dimana media cetak tersebut berupa buku pegangan untuk guru dan buku paket pegangan untuk seluruh siswa atau disebut dengan buku LKS. Penggunaan media pembelajaran khususnya untuk mata pelajaran Bahasa Inggris saat penting untuk mendukung proses belajar siswa.
Evaluasi sangat penting dilakukan guru karena untuk mengukur kemampuan siswa didalam mengevaluasi setiap bahan pelajaran. Dalam hal ini perangkat yang digunakan untuk mengevaluasi siswa yaitu jenis evaluasi Lisan dan Tulisan. Dengan alat tes tulisan mengerjakan soal atau latihan yang ada dibuku dan ulangan harian.
5. Deskripsi hasil pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
TIK telah memberi pengaruh yang sangat besar dalam pembelajaran, selain menggeser makna pembelajaran dan meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa. TIK juga telah mengubah peran guru, guru yang dulu telah menjadi satu-satunya sumber informasi sekarag tidak lagi, sekarang guru berperan sebagai fasilitator dan siswa diharuskan lebih aktif dalam menggali informasi baik dibuku maupun di internet sehingga wawasan siswa lebih luas. Dalam pelaksanaan PLP II pemanfaatan media dalam pembelajaran dapat membawa pengaruh yang baik, adapun pemanfaatan TIK secara baik,ketika siswa diberikan tugas diskusi, siswa mengerjakannya dengan menggunakan pemikiran atau hasil diskusi atau dengan menggunaka TIK (Internet) sebagai alat untuk membantu menyelesaikan tugasnya tentu dalam penggunaan TIK ini memberikan informasi baru bagi siswa ketika apa yang mereka dapat dari internet belum mereka dapatkan dari guru. Adapun pemanfaatan TIK lainnya oleh siswa seperti menggunakan Kamus versi android sehingga memudahkan siswa untuk membuka kamus ketika mereka ingin menerjamahkan kata. Itulah hasil pemanfaatan TIK dalam proses belajar mengajar.
6. Deskripsi hasil latihan mengajar dengan bimbingan guru Pamong dan Dosen pembimbing PLP II
Berdasarkan hasil latihan mengajar dalam kelas yang telah dilaksanakan selama kurang lebih 2 bulan bersama bimbingan guru pamong, tentunya untuk memulai mengajar perlu arahan dan bimbingan dari guru pamong. Sebelum masuk dalam tujuan atau kegiatan inti mengajar, guru pamong terlebih dahulu memberikan contoh sikap ketika di dalam kelas, memberikan contoh cara membuka pelajaran dan cara menutup pelajaran dan strategi yang harus dilakukan di dalam kelas untuk menghadapi berbagai karakter siswa. Setelah menerima bimbingan, penerapan hasil bimbingan mulai diterapkan. Adapun ketika mengajar guru pamong tetap mengawasi dan memberikan arahan agar kelas boleh dikendalikan, adapun kekurangan ketika mengajar guru pamong tetap memberikan saran atau masukan yang baik guna untuk memperbaiki cara mengajar di dalam kelas agar siswa mamp menerima pelajaran yang diberikan.
7. Deskripsi hasil pelaksanaan pendampingan Peserta Didik dan Kegiatan Ekstrakurikuler
Ekstrakurikuler adalah kegiatan formal yang dilakuakan peserta didik atau siswa di sekolah diluar jam pelajaran kurikulum. kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan diluar jam pelajaran.di SMK ,.......)ada beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang biasa di lakukan oleh siswa yaitu kegiatan Pramuka, Kegiatan Olah raga yang meliputi Sepak Bola, Volly dan basket. Adapun kegiatan olahraga tersebut dilaksanakan dengan pertandingan antar sekolah lain. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk menyumbangkan bakat mereka untuk sekolah.
8. Deskripsi Hasil Pelaksanaan Tugas-Tugas Pekerjaan Administrasi Guru.
Tugas pokok seorang guru di kelas dalam menyusun administrasi kelas sebagai bukti nyata melaksnanakan kewajiban sebagai aparat Negara dan abdi masyarakat di dunia pendidikan. Dari hasil pelaksanaan kegiatan PLP II telah dilaksanakan tugas pekerjaan guru yang meliputi
a. Menyususun rencana program pembelajaran (RPP)
b. Melaksanakan program pembelajaran dilengkapi admnistrasi Daftar hadir siswa.
c. Melaksanakan evaluasi pembelajaran yang meliputi ; menyusun program pelaksanaan evalasi, menyusun perangkat evaluasi(kisi-kisi, naskah soal, pedoman penilaian), melaksanakan program evaluasi sesuai denga kompetensi yang disyaratkan, daftar nilai siswa, melaksanakan analisis hasil evaluasi, siswa belajar.
d. Menyususn dan melaksanakan program perbaikan yang meliputi remedial teaching atau remedial test dan daftar nilai hasil perbaikan atau remedial.
PEMBAHASAN
1. Kurikulum
Kurikulum adalah dokumen tujuan rencana dan tujuan untuk mencapai, bahan mengandung dan pengalaman belajar harus dilakukan dengan siswa, strategi dan metode dapat memperluas, perencanaan evaluasi untuk mengumpulkan informasi, tujuan sentuh, implementasi dari dokumen riil (Sariono, 2013:1).
Jadi, berdasarkan hasil telaah yang kami dapatkan di SMK Negeri 1 Tana Toraja bahwa kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 yang berpedoman pada kesesuaian silabus dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kopetensi Dasar (KD).
2. Strategi Pembelajaran
Cooperative Learning merupakan satu strategi pembelajaran yang terbaik yang telah diteliti. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa memiliki kesempatan untuk bekerja bersama-sama, belajar lebih cepat dan efisien, memiliki daya ingat yang lebih besar dan mendapat pengalaman belajar yang lebih positif. Pembelajaran kooperatif, siswa belajar dan membentuk pengalaman dan pengetahuannya sendiri secara bersama-sama dalam kelompoknya (Sumarni, 2014:22).
Strategi pembelajaran konflik kognitif (cognitif conflict) merupakan salah satu strategi yang dapat mengatasi miskonsepsi siswa dan mencapai perubahan konseptual siswa. Perubahan konseptual yang lebih baik akan didapat apabila pelaksanaan strategi pembelajaran konflik kognitif (cognitive conflict) dilakukan hingga semua siswa dapat merubah konsepnya dengan baik. Beberapa hal yang harus diperhatikan selama penelitian adalah sebagai berikut:
a. Metode yang paling tepat digunakan dalam penelitian ini adalah metodepraktikum, sehingga kelengkapan alat praktikum harus diperhatikan.
b. Keberhasilan metode praktikum juga tergantung dengan banyaknya siswa tiap kelompok, usahakan setiap kelompok hanya terdiri dari maksimal empat orang siswa.
c. Konsep awal siswa merupakan hal yang sangat penting, sehingga soal yang digunakan harus benar-benar mampu membuat siswa menyatakan konsepnya.
d. Pengaruh strategi konflik kognitif mampu mengubah konseptual siswa dengan cukup baik, sehingga sangat memungkinkan untuk melanjutkan penelitian dengan strategi yang sama pada materi yang berbeda seperti mekanika (Meidahrianti, Zulherman & Taufiq, 2014:54-55).
Jadi, berdasarkan hasil telaah yang di dapatkan peneliti bahwa strategi pembelajaran yang di terapkan oleh guru bidang studi pendidikan bahasa inggris, seorang guru terlebih dahulu memberikan motivasi agar siswanya tertarik untuk belajar serta memperkenalkan materi apa yang akan dipelajari pada hari itu. Tahap kegiatan inti, yang dilakukan oleh guru yaitu menjelaskan materi. Tahap kegiatan akhir, yang dilakukan yaitu menyimpulkan hasil kegiatan belajar agar mendapat feedback antara guru dan siswa.
3. RPP (Rencana Proses Pembelajaran)
Rencana Pembelajaran merupakan skenario pembelajaran dengan pokok bahasan perpangkatan dan akar yang berisi tahapan-tahapan kegiatan pembelajaran di dalam kelas, tentang bagaimana menerapakan metode variasi sehingga mampu meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran (Zuhratuddin, 2014:16).
Berdasarkan hasil telaah yang di dapatkan di SMK ,.......bahwa rencana proses pembelajaran siswa diharapkan menyelesaikan tugas dengan tepat waktu dan mengerjakannya dengan berbagi tugas bersama rekannya dalam kelompok, Siswa melaporkan hasil kerjanya ke depan kelas.
4. Media Pembelajaran
Media pembelajaran dengan menggunakan metode ekspimen digunakan sebagai wahana mengajar oleh guru seperti media Buku paket, LCD dan lain sebagainya, penggunaan dengan media seperti ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan manfaat konkret dan motivasi belajar bagi peserta didik serta mempertinggi daya serap dan retensi belajar peserta didik (Hasni, 2014:59). Jadi, berdasarkan hasil telaah yang di dapatkan di sekolah mitra (SMK ,.......)bawha dengan menggunakan media pembelajaran dapat membantu siswa lebih cepat paham akan pelajarannya.
Media yang digunakan dalam proses pembelajaran menggunakan buku paket bahasa Inggris kelas XI. Namun media pendukung lainnya juga digunakan seperti LCD, dan lain sebagainya. Media yang digunakan disesuaikan dengan materi apa yang dipelajari, media disini berfungsi agar memudahkan siswa lebih cepat dan tepat memahami materi yang diajarkan
5. Sistem Evaluasi
Jadi berdasarkan hasil telaah di SMK.....dengan adanya sistem evaluasi sehingga seorang guru atau pendidik dapat mengukur kemampuan peserta didik sampai dimana kemampuan peserta didik di dalam proses pembelajaran berdasarkan tujuan pendidikan yang ingin dicapai.
Note: adapun kekurangan dari contoh laporan diatas mohon kritik dan sarannya untuk memperbaiki ulasan berikutnya
Terimah kasih, cukup membantuđź–’
BalasHapusTerimah kasih, cukup membantuđź–’
BalasHapus